Tujuh kali dalam sehari aku memuji-muji Engkau, karena hukum-hukum-Mu yang adil.

Tujuh kali dalam sehari aku memuji-muji Engkau, karena hukum-hukum-Mu yang adil.
Tujuh kali dalam sehari aku memuji-muji Engkau, karena hukum-hukum-Mu yang adil. Mazmur 119:164

Novena Kerahiman Ilahi - Hari 1

Hari ini, JUMAT AGUNG, 30 Maret 2018 – Hari Pertama Novena Kerahiman Ilahi.

NOVENA KERAHIMAN ILAHI
Sembilan hari sebelum Pesta Kerahiman.Pesta Kerahiman Ilahi menurut wahyu wahyu Yesus kepada Sr Faustina harus didahului dengan Novena.Sebagian dari Novena itu didiktekan langsung oleh Yesus dan dicatat oleh Sr Faustina pada akhir tinggalnya di RS Pradnik dekat kota Krakow
“Novena Kerahiman Ilahi yang diperintahkan Yesus supaya kutulis dan kulaksanakan sebelum Pesta Kerahiman Ilahi. Novena ini dimulai pada Jumat Agung” Sabda Tuhan Yesus kepada Santa Faustina:“Aku menghendaki agar selama sembilan hari ini engkau membawa jiwa-jiwa ke mata air kerahiman-Ku, supaya mereka menimba dari sana kekuatan dan kesegaran serta rahmat apapun yang mereka butuhkandalam menghadapi kerasnya hidup dan, khususnya pada saat kematian. Setiap hari, hendaknya engkau mengantar sekelompok jiwa yang berbeda kepada HatiKu. Hendaknya engkau membenamkan mereka di dalam lautan kerahiman-Ku, dan Aku akan membawa semua jiwa ini masuk ke rumah BapaKu.Engkau akan melakukan ini dalam kehidupan ini dan dalam kehidupan yang akan datang.Aku tidak akan menolak apapun dari jiwa yang engkau bawa ke mata air kerahimanKu. Demi kekuatan sengsaraKu yang pedih, setiap hari hendaknya engkau minta kepada BapaKu rahmat bagi jiwa jiwa ini.” (Buku Harian Faustina 1209)
Kelompok orang yang dibawa selama Novena :
Hari 1 : Seluruh umat manusia khususnya orang-orang berdosa
Hari 2 : Para Imam dan kaum religius
Hari 3 : Jiwa- jiwa yang saleh dan setia
Hari 4 : Orang-orang tidak beriman dan mereka yang belum mengenal Yesus
Hari 5 : Jiwa orang-orang sesat dan memisahkan diri dari Gereja
Hari 6 : Jiwa jiwa yang lemah lembut dan rendah hati serta jiwa anak-anak
Hari 7 :Jiwa-jiwa yang secara khusus menghormati dan memuliakan Kerahiman Ilahi
Hari 8 : Jiwa-jiwa yang dipenjarakan di Purgatorium (Api Penyucian)
Hari 9 : Jiwa-jiwa yang suam-suam kuku

NOVENA HARI KE 1
DOA UNTUK SELURUH UMAT MANUSIA, KHUSUSNYA ORANG ORANG BERDOSA

Sabda Yesus kepada St. Faustina:“Hari ini, bawalah kepada-Ku seluruh umat manusia,khususnya orang orang berdosa,dan benamkanlah mereka dalam samudera kerahiman-Ku.Dengan demikian engkau menghibur Aku dalam jurang kepedihan yang disebabkan oleh hilangnya jiwa jiwa. (Buku Harian Faustina 1210)

DOA:
Pemimpin/Sendiri:Ya Yesus yang maharahim, sedari hakikatMu, Engkau mengasihanidan mengampuni kami. Janganlah memperhitungkan dosa-dosakami, tetapi perhatikanlah keyakinan kami akan kebaikan-Muyang tak terbatas. Terimalah kami semua dalam HatiMu yangmaharahim, dan jangan pernah membiarkan kami pergi darinyauntuk selamanya. Semua ini kami mohon demi kasih yangmenyatukan diriMu dengan Bapa dan Roh Kudus.Oh, Kerahiman Ilahi yang mahakuasa,dan keselamatan orang- orang berdosa,Engkau adalah samudra kerahiman dan belas kasih;Engkau membantu semua orang yang dengan rendah hatimemohon pertolonganMu.

Umat/sendiri:Bapa yang kekal, dengan tatapan mataMu yang penuhkerahiman pandanglah seluruh umat manusia, khususnyaorang-orang berdosa yang malang, semua yang direngkuhdalam Hati Yesus yang maharahim. Demi Sengsara-Nya yangpedih, tunjukkanlah kerahimanMu kepada kami sehingga kamidapat memuji kerahimanMu yang mahakuasa untuk selama-lamanya.Amin.

Dilanjutkan dengan Doa Koronka
Doa Koronka dibuka dengan doa-doa:
Bapa Kami-1x,
Salam Maria-1x,
Aku Percaya-1x.

Pada manik-manik ‘Bapa Kami’ rosario biasa, diucapkan doa sebagai berikut:
Bapa Yang kekal, kupersembahkan kepada-Mu Tubuh dan Darah, Jiwa dan Ke-Allahan Putra-Mu yang terkasih, Tuhan kami Yesus Kristus, sebagai pendamaian dari dosa kami dan dosa seluruh dunia.

Pada manik-manik ‘Salam Maria’ rosario biasa, diucapkan doa sebagai berikut:
Demi sengsara Yesus yang pedih,tunjukkanlah belas kasih-Mu kepada kami dan seluruh dunia(10x).

Koronka ditutup dengan doa:
Allah yang Kudus,Kudus dan berkuasa,Kudus dan kekal,kasihanilah kami dan seluruh dunia(3x).

Catatan: Novena hari selanjutnya, dilanjutkan dengan Doa Koronka

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.