Tujuh kali dalam sehari aku memuji-muji Engkau, karena hukum-hukum-Mu yang adil.

Tujuh kali dalam sehari aku memuji-muji Engkau, karena hukum-hukum-Mu yang adil.
Tujuh kali dalam sehari aku memuji-muji Engkau, karena hukum-hukum-Mu yang adil. Mazmur 119:164

Kerendahan Hati #4

4. Kerendahan hati adalah suatu kebajikan yang pada hakikatnya milik Kristus, tidak hanya sebagai manusia, tetapi lebih khusus sebagai Tuhan, karena dengan Tuhan menjadi baik, kudus dan berbelas kasih, itu bukanlah kebajikan, tetapi sifatNYA; dan kerendahan hati hanyalah kebajikan. Allah tidak dapat meninggikan diri-Nya di atas apa yang ada di dalam keberadaan-Nya yang paling tinggi, juga tidak dapat meningkatkan keagungan-Nya yang luas dan tak terbatas; tetapi Dia dapat merendahkan diri-Nya sendiri, sebagaimana kenyataannya Dia merendah dan merendahkan diri-Nya. “melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.” (Flp. 2: 7,8), DIA mengungkapkan diri-Nya kepada kita, melalui kerendahan hati-Nya, sebagai Tuhan segala kebajikan, penakluk dunia, maut, neraka, neraka, dan dosa.
Tidak ada contoh kerendahan hati yang lebih besar yang diberikan bahwa Putra Tunggal Allah ketika "Firman itu dijadikan Daging." Tidak ada yang lebih agung daripada kata-kata Injil St. Yohanes, "Pada mulanya adalah Firman." Dan tidak ada pengurangan yang bisa lebih dalam dari yang berikut: "Dan Firman itu dijadikan Daging." Dengan penyatuan Pencipta dengan makhluk ini, Yang Tertinggi dipersatukan dengan yang terendah. Yesus Kristus merangkum semua doktrin surgawi-Nya dengan rendah hati, dan sebelum mengajarkannya, adalah kehendak-Nya untuk mempraktikkannya dengan sempurna. Seperti dikatakan Santo Agustinus: "Dia tidak mau mengajarkan apa yang bukan Diri-Nya sendiri, Dia tidak mau memerintahkan apa yang tidak dipraktekkan oleh Diri-Nya sendiri."
Tetapi untuk tujuan apa Dia melakukan semua ini, bukankah dengan ini berarti semua pengikut-Nya harus belajar kerendahan hati dengan contoh praktis? Dia adalah Tuhan kita; dan kita adalah murid-murid-Nya; tetapi untung apa yang kita dapatkan dari ajaran-Nya, yang praktis dan bukan teoretis?
Betapa memalukannya bagi siapa pun, setelah belajar selama bertahun-tahun di sekolah seni atau sains, di bawah pengajaran para master yang luar biasa, jika ia masih tetap benar-benar bodoh! Rasa malu saya benar-benar hebat, karena saya telah tinggal bertahun-tahun di sekolah Yesus Kristus, namun saya belum belajar apa pun tentang kerendahan hati kudus yang Dia cari dengan sungguh-sungguh untuk mengajar saya. “Aku memohon belas kasihan-Mu dengan segenap hati, kasihanilah aku sesuai dengan janji-Mu. Engkau baik dan berbuat baik; ajarkanlah ketetapan-ketetapan-Mu kepadaku. Tangan-Mu telah menjadikan aku dan membentuk aku, berilah aku pengertian, supaya aku dapat belajar perintah-perintah-Mu. (Mz. 119: 58,68,73).

-------
Terjemahan bebas
Sumber Buku: HUMILITY OF HEART
Fr. Cajetan Mary da Bergamo
Diterjemahkan dari Bahasa Itali ke dalam Bahasa Inggris
Oleh: Herbert Cardinal Vaughan (1832-1903)



No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.