Tujuh kali dalam sehari aku memuji-muji Engkau, karena hukum-hukum-Mu yang adil.

Tujuh kali dalam sehari aku memuji-muji Engkau, karena hukum-hukum-Mu yang adil.
Tujuh kali dalam sehari aku memuji-muji Engkau, karena hukum-hukum-Mu yang adil. Mazmur 119:164

Mawar Ketiga Puluh

MAWAR KETIGA PULUH

Keistimewaan persaudaraan

KALAU NILAI PERSAUDARAAN dan kelayakan serikat dinilai dari indulgensi yang melekat padanya, maka dapatlah dikatakan bahwa Serikat Rosario Suci jauh lebih bernilai. Umat beriman hendaknya didorong memasukinya. Ini karena persaudaraan ini telah dilimpahi lebih banyak indulgensi di dalam Gereja, dan sejak kelahirannya hampir tidak ada Paus yang tidak menyingkapkan kekayaan-kekayaan Gereja untuk lebih memperkayanya.

Menyadari bahwa teladan yang baik jauh lebih mengena daripada kata-kata yang berapi-api bahkan semangat yang menggebu-gebu, para paus menemukan bahwa tidak ada jalan yang lebih baik untuk menunjukkan penghargaan mereka yang tinggi bagi perkumpulan itu daripada menggabungkan diri di dalamnya.

Secara singkat di bawah ini diturunkan indulgensi-indulgensi yang dengan segenap hati dianugerahkan para paus kepada Serikat Rosario Suci. Indulgensi ini kemudian dipertegas oleh Bapa Suci Innosensius XI pada tanggal 31 Juli 1679, diterima serta diumumkan pada tanggal 25 September tahun yang sama oleh Uskup Agung Paris:

1. Para anggota dapat memperoleh indulgensi penuh ketika mereka menjadi anggota Persaudaraan;
2. Indulgensi penuh pada saat ajal mereka;
3. Pada setiap tiga kelompok atau Lima Peristiwa yang didaraskan: sepuluh tahun dan sepuluh kali empat puluh hari;
4. Setiap kali anggota-anggota persaudaraan mengucapkan nama kudus Yesus dan Maria dengan hormat: tujuh hari indulgensi;
5. Tujuh tahun dan tujuh kali empat puluh hari dapat diperoleh oleh orang-orang yang dengan khidmat mengambil bagian dalam atau menghadiri prosesi Rosario Suci;
6. Para anggota Persaudaraan yang dengan baik mengakukan dosa-dosanya dan dengan tulus ikhlas menyesali dosa-dosanya dapat memperoleh indulgensi penuh pada hari-hari tertentu dengan berkunjung ke gereja, tempat Persaudaraan itu didirikan. Indugensi penuh dapat diperoleh pada hari Sabtu Pertama dalam bulan dan hari raya Tuhan dan Bunda Maria.
7. Seratus hari indulgensi untuk lagu Salve Regina; *
8. Orang yang secara terbuka menggunakan Rosario Suci di luar devosi, dan untuk memberikan teladan yang baik diberikan seratus hari indulgensi;
9. Para anggota Persaudaraan yang sakit dan tidak mampu pergi ke gereja dapat memperoleh indulgensi penuh dengan mengaku dosa, menerima Komuni Kudus, serta pada hari itu mendaraskan seluruh Rosario – kalau mungkin – atau paling sedikit lima peristiwa.
10. Para paus telah menunjukkan kemurahan hati mereka kepada para anggota Serikat Rosario Suci dengan memperkenankan mereka menerima indulgensi-indulgensi dengan mengunjungi lima altar gereja, tempat Serikat Rosario itu didirikan, dan dengan mendaraskan doa Bapa Kami dan Salam Maria lima kali di depan masing-masing altar bagi kehidupan Gereja. Kalau hanya ada satu atau dua altar di dalam gereja itu, mereka hendaknya mendaraskan doa Bapa Kami dan Salam Maria dua puluh kali di depan salah satu dari altar itu.

Inilah hadiah yang menakjubkan yang diberikan kepada anggota Serikat Rosario Suci sebab di gereja-gereja di Roma, indulgensi penuh dapat diperoleh, jiwa-jiwa dapat dibebaskan dari Api Penyucian, dan masih banyak lagi indulgensi besar dapat diperoleh dengan sedikit usaha, murah tanpa harus meninggalkan negeri sendiri. Kalau Serikat Rosario Suci itu tidak didirikan di tempat tinggal para anggota, indulgensi yang sama itu dapat diperolehnya dengan mengunjungi lima altar gereja di mana saja. Kelonggaran ini diberikan oleh Bapa Paus Leo X.

Kongregasi Suci di bidang Indulgensi ini membuat daftar atas hari-hari tertentu, sehingga orang di luar kota Roma dapat memperoleh indulgensi. Bapa Suci merestui daftar itu pada tanggal 7 Maret 1678, dan memerintahkan agar dipatuhi secara tegas. Indulgensi-indulgensi ini dapat diperoleh pada hari-hari berikut:

Semua hari Minggu dalam masa Adven; tiga Perayaan Ekaristi Hari Peringatan Arwah Semua Orang Beriman; Vigili Natal; Perayaan Ekaristi Malam Natal; Perayaan Ekaristi Natal Pagi; dan Perayaan Ekaristi Natal Siang; pesta Santo Stefanus; Santo Yohanes Penginjil; pesta Kanak-kanak Suci; Hari Yesus Dipersembahkan di Bait Allah dan Penampakan Tuhan; Hari-hari Minggu Ketujuh; Minggu keenam; Minggu Kelima; dan setiap hari sejak Hari Rabu Abu hingga Pekan Suci; tiga hari dalam Pekan Suci; Hari Raya Kenaikan; Vigili Pentekosta; setiap hari selama Oktafnya; dan tiga Hari Raya di bulan September.

Para anggota Serikat Rosario Suci yang terkasih, masih ada lagi sejumlah indulgensi yang dapat anda peroleh. Kalau anda mau mengetahui indulgensi-indulgensi itu, lihatlah daftar indulgensi yang lengkap yang telah diberikan kepada anggota-anggota Serikat Rosario Suci. Anda akan melihat sederetan nama paus, tahun-tahun mereka memberikan indulgensi dan banyak hal khusus lainnya yang tidak mungkin saya sertakan di dalam buku kecil ini.

-----
*Salve Regina biasanya dinyanyikan di dalam perarakan pada Kompletorium oleh para biarawan di setiap biara Dominikan dan juga oleh Suster-suter Dominikan. Kebiasaan ini diprakarsai oleh Santo Dominikus… Sejak itu ordo dan kongregasi lainnya pun mulai mempraketekkan hal ini. M. B.

------

Sumber buku:
RAHASIA ROSARIO
St. Louis de Montfort
Penerbit OBOR
Imprimatur: Rm. M. Soenarwidjaja, SJ (alm.)
Vikjen Keuskupan Agung Jakarta
Jakarta, 3 Juli 1993
Pesta St. Thomas Rasul

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.