Tujuh kali dalam sehari aku memuji-muji Engkau, karena hukum-hukum-Mu yang adil.

Tujuh kali dalam sehari aku memuji-muji Engkau, karena hukum-hukum-Mu yang adil.
Tujuh kali dalam sehari aku memuji-muji Engkau, karena hukum-hukum-Mu yang adil. Mazmur 119:164

Ibadat Bacaan: Jumat, 9/5/2014



Ibadat Bacaan: Jumat, 9  Mei  2014

P: Ya Allah, bersegeralah menolong aku
U: Ya Tuhan, perhatikanlah hambaMu
Kemuliaan kepada Bapa dan Putera dan Roh Kudus
Seperti pada permulaan, sekarang, selalu  dan sepanjang segala abad. Amin

MADAH 

Bergiranglah sluruh bumi
Bersorak sepenuh hati
Kristus bangkit dari mati
Memberi hidup abadi

Wafat Kristus menghasilkan
Pengampunan dan harapan
Meski Kristus dikalahkan
Namun Ia ditinggikan.

Mari kita penuh syukur
Memuji Yang maha luhur
Karena anugrah Paska
Sumber ribuan kurnia

Terpujilah Kristus Tuhan
Kau kalahkan kematian
Engkau dibangkitkan Bapa
Dengan kekuatan RohNya. Amin

PENDARASAN MAZMUR
 
Antifon I
Aku lesu karena menangis sambil mengharapkan
Dikau, ya Allahku, alleluya

Mazmur 68 (69), 2-22, 30-37
Yesus diberi minum anggur bercampur empedu (Mat 27,34)

Selamatkanlah aku, ya Allah,*
Sebab banjir maut telah naik sampai ke leherku!

Aku tenggelam dalam tubir pratala,*
tiada tempat bertumpu.

Aku terperosok ke air yang dalam,*
gelombang yang berpusar-pusar menelan daku.

Aku lesu karena menangis, dan kerongkonganku menjadi parau,*
mataku pudar karena aku mengharapkan Dikau, ya Allahku.

Banyaklah orang yang membenci aku tanpa alasan,*
banyaknya melebihi rambut di kepalaku.

Banyaklah orang yang hendak membinasakan daku,*
yang memusuhi aku tanpa sebab.
Aku dipaksa untuk mengembalikan *
harta yang tidak kurampas.

Ya Allah, Engkau mengetahui kebodohanku,*
dan kesalahanku tidak tersembunyi bagiMu.

Janganlah orang yang berharap padaMu,
dikecewakan karena aku,*
ya Tuhan, Allah segala kuasa!

Janganlah orang yang mencari Engkau dihina karena aku,*
ya Allah Israel.

Demi Engkaulah aku menanggung cercaan,*
dan noda meliputi mukaku.

Aku menjadi orang luar bagi kaum kerabatku,*
orang asing bagi saudara kandungku.

Sebab cinta akan rumahMu membakar aku,*
dan hojatan yang dilontarkan kepadaMu menimpa diriku.

Aku menyiksa diri dengan berpuasa,*
namun hanya cercaan yang kuterima.

Aku mengenakan pakaian bertapa,*
namun hanya sindiran yang kudengar.

Aku menjadi buah bibir bagi orang yang duduk di pintu gerbang,*
Dan lagu ejekan bagi para pemabuk.

Kemuliaan kepada Bapa dan Putera dan Roh Kudus.
Seperti pada permulaan sekarang, selalu  dan sepanjang segala abad

Antifon I
Aku lesu karena menangis sambil mengharapkan
Dikau, ya Allahku, alleluya


Antifon II
Mereka memberi aku makan racun, dan waktu aku haus, mereka memberi aku minum cuka

Tetapi aku berdoa kepadaMu, ya Tuhan,+
semoga Engkau berkenan padaku, ya Allah,*
demi kasihMu yang besar jawablah aku.

Demi kesetiaanMu tolonglah dan selamatkan daku,*
jangan sampai aku tenggelam dalam tubir pratala.

Lepaskanlah aku dari ancaman maut *
dan dari air yang dalam!

Janganlah air yang berpusar-pusar menarik aku ke bawah, +
janganlah tubir menelan daku,*
atau mulut pratala memangsa aku.

Jawablah aku, ya Tuhan, sebab kasih setiaMu berlimpah,*
pandanglah aku demi rahmatMu yang besar!

Janganlah memalingkan wajahMu dari padaku,*
jawablah aku segera, karena aku tersesak.

Datanglah kepadaku, ya Allah, tebuslah aku,*
bebaskanlah aku dari sarang musuhku.

Engkau mengenal hinaanku,*
keaiban dan nodaku ada di hadapanMu.

Kehinaan telah mematahkan hatiku,*
aku menjadi putus asa.

Aku mencari penolong, tetapi tidak ada,*
aku mencari penghibur, tetapi tidak kudapati.

Mereka malahan memberi aku makan racun,*
dan waktu aku haus, mereka memberi aku minum cuka.

Kemuliaan kepada Bapa dan Putera dan Roh Kudus.
Seperti pada permulaan sekarang selalu dan sepanjang segala abad

Antifon II
Mereka memberi aku makan racun, dan
Waktu aku haus, mereka memberi aku minum cuka

Antifon III
Hai orang yang mencari Allah, semoga hatimu hidup kembali, alleluya

Aku ini tertindas dan kesakitan,*
semoga Allah menolong dan melindungi aku.

Aku akan memuji nama Allah dengan nyanyian,*
mengagungkan Dia dengan lagu syukur.

Pujianku menyenangkan Tuhan melebihi kurban sapi,*
melebihi kurban banteng yang bertanduk dan berkuku.

Dengarkanlah, hai orang yang tertindas,+
bersukacitalah, hai orang yang mencari Allah,*
semoga hatimu hidup kembali!

Sebab Allah mendengar kaum miskin,*
Tuhan tidak memandang hina orang yang berpaut padaNya.

Biarlah langit dan bumi memuji Dia,*
lautan dan segala yang bergerak di dalamnya.

Allah pasti akan menyelamatkan Sion +
dan membangun kembali kota-kota Yehuda,*
Dan orang-orang buangan akan pulang ke sana.

Keturunan hamba-hambaNya akan mewarisi kota-kota itu,*
dan umat yang mencintai  Tuhan akan diam di sana.

Kemuliaaan  kepada Bapa dan Putera dan Roh Kudus.
Seperti pada permulaan sekarang selalu dan sepanjang segala abad

Antifon III
Hai orang yang mencari Allah, semoga hatimu hidup kembali, alleluya

BACAAN
Kis 10, 34 - 11,4 . 18

Lalu mulailah Petrus berbicara, katanya "Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa Allah tidak membedakan orang. Setiap orang dari bangsa manapun yang takut akan Dia dan yang mengamalkan kebenaran berkenan kepadaNya. Itulah firman yang Ia suruh sampaikan kepada orang-orang Israel, yaitu firman yang memberitakan damai sejahtera oleh Yesus Kristus, yang adalah Tuhan dari semua orang. Kamu tahu tentang segala sesuatu yang terjadi di seluruh Yudea, mulai dari Galilea, sesudah baptisan yang diberitakan oleh Yohanes, yaitu tentang Yesus dari Nazaret bagaimana Allah mengurapi Dia dengan Roh Kudus dan kuat kuasa, Dia, yang berjalan berkeliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan semua orang yang dikuasai iblis, sebab Allah menyertai Dia.
Dan kami adalah saksi dari segala sesuatu yang diperbuatNya di tanah Yudea maupun di Yerusalem, dan mereka telah membunuh Dia dan menggantung Dia pada kayu salib.Yesus itu telah dibangkitkan Allah pada hari yang ketiga, dan Allah berkenan, bahwa ia menampakkan diri, bukan kepada seluruh bangsa, tetapi kepada saksi-saksi, yang sebelumnya telah ditunjuk oleh Allah, yaitu kepada kami yang telah makan dan minum bersama-sama dengan Dia, setelah Ia bangkit dari antara orang mati. Dan Ia telah menugaskan kami memberitakan kepada seluruh bangsa dan bersaksi, bahwa Dialah yang ditentukan Allah menjadi Hakim atas orang-orang hidup dan orang-orang mati

Tentang Dia semua nabi bersaksi, bahwa barangsiapa percaya kepadaNya, ia akan medapatkan pengampunan dosa oleh karena namaNya". Ketika Petrus sedang berkata demikian, turunlah Roh Kudus ke atas semua orang yang mendengar pemberitaan itu. Dan semua orang percaya dari golongan bersunat yang menyertai Petrus, tercengang-cengang, karena melihat, bahwa karunia Roh Kudus dicurahkan ke atas bangsa-bangsa lain juga, sebab mereka mendengar orang-orang itu berkata-kata dalam bahasa roh dan memuliakan Allah. Lalu kata Petrus, "Bolehkah orang mencegah untuk membaptis orang-orang ini dengan air sedangkan mereka telah menerima  Roh Kudus sama seperti kita?" Lalu ia menyuruh mereka dibaptis dalam namaYesus Kristus. Kemudian mereka meminta Petrus, supaya tinggal beberapa hari lagi bersama-sama dengan mereka.

Tetapi Petrus menjelaskan segala sesuatu berturut-turut, katanya, "Aku sedang berdoa di kota Yope, tiba-tiba rohku dikuasai roh ilahi dan aku melihat suatu penglihatan suatu benda berbentuk kain lebar yang bergantung pada keempat sudutnya diturunkan dari langit sampai di depanku. Aku menatapnya dan di dalamnya ku lihat segala jenis bintang berkaki empat dan binatang liar dan binatang menjalar dan burung-burung. Lalu aku mendengar suara berkata kepadaku: "Bangunlah, hai Petrus, sembelihlah dan makanlah! Tetapi aku berkata: "Tidak, Tuhan, tidak, sebab belum pernah sesuatu yang haram dan tidak tahir masuk ke dalam mulutku."

Ketika mereka mendengar hal tersebut, mereka menjadi tenang, lalu memuliakan Allah, katanya: "Jadi kepada bangsa-bangsa lain juga Allah mengaruniakan pertobatan yang memimpin kepada hidup."

DOA PENUTUP
Allah yang mahakuasa, kami telah menerima rahmat kebangkitan Tuhan. Semoga kami dapat bangkit untuk menjalani hidup baru, berkat cinta Roh Kudus. Demi Yesus Kristus, PuteraMu dan  pengantara kami, yang hidup dan berkuasa bersama Engkau dalam persekutuan Roh Kudus, sepanjang segala masa. Amin

P: Marilah memuji Tuhan

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.