Tujuh kali dalam sehari aku memuji-muji Engkau, karena hukum-hukum-Mu yang adil.

Tujuh kali dalam sehari aku memuji-muji Engkau, karena hukum-hukum-Mu yang adil.
Tujuh kali dalam sehari aku memuji-muji Engkau, karena hukum-hukum-Mu yang adil. Mazmur 119:164

Ibadat Bacaan: Jumat, 19 September 2014

Ibadat Bacaan:  Jumat, 19 September 2014
 
P: Ya Allah, bersegeralah menolong aku
U: Ya Tuhan, perhatikanlah hambaMu
Kemuliaan kepada Bapa dan Putera dan Roh Kudus
Seperti pada permulaan, sekarang, selalu  dan sepanjang segala abad. Amin
Alleluya
 
MADAH 
Hal  374
 
Kristus dampingilah kami
Dengan kasih yang sejati
Yang sudah Kau perjuangkan
Di salib sebagai kurban
 
Kami mohon penuh iman
Kelimpahan pengampunan
Atas segala tindakan
Yang tak tertanggungjawabkan
 
Lindungilah para putra
Dari segala tanda jaya
Yang tersiram darah mulya
 
Terpujilah Yesus Kristus
Sabda Bapa yang diutus
Menjadi juruselamat
Membagikan Roh dan rahmat. Amin
 
PENDARASAN  MAZMUR
Hal 788
 
Antifon I
Ya Allahku, jangan menyembunyikan diri terhadap permohonanku, sebab aku dianiaya orang berdosa.
 
Mazmur 54 (55), 2-15, 17-24
Yesus sangat takut dan gentar (Mrk 14,33)
 
Ya allah, dengarkanlah doaku,*
Jangan menyembunyikan diri terhadap permohonanku.
 
Perhatikan dan kabulkanlah doaku, *
Aku mengembara dan menangis.
 
Aku cemas karena teriakan musuh, *
Karena aniaya orang berdosa.
 
Sebab mereka menimpakan celaka kepadaku, *
Dan dengan geramnya memusuhi aku.
 
Hatiku gelisah di dalam dadaku,*
Kengerian maut mendatangi aku.
 
Aku ketakutan dan gemetar, *
Perasaan seram meliputi aku.
 
Kataku:”Siapa kiranya memberi aku sayap seperti merpati,*
Supaya aku terbang dan mencari tempat yang tenang.
 
Aku ingin lari jauh-jauh*
Dan tinggal di padang gurun.
 
Aku akan mencari tempat perlindungan *
Terhadapa angin ribut dan badai.”
 
Cerai beraikan musuh, ya Tuhan, kacaukanlah bahasa mereka, *
Sebab aku melihat kekerasan dan perbantahan di kota.
 
Siang malam mereka mengelilingi kota di atas temboknya,*
Di dalam kota ada kelaliman dan bencana
 
Kebinasaan merajalela dalam kota,*
Lapangannya penuh penindasan dan tipu daya.
 
Kemuliaan kepada Bapa dan Putera dan Roh Kudus.
Seperti pada permulaan sekarang, selalu  dan sepanjang segala abad. Amin
 
Antifon I
Ya Allahku, jangan menyembunyikan diri terhadap permohonanku, sebab aku dianiaya orang berdosa.
 
Antifon II
Tuhan akan membebaskan kita dari tangan musuh.
 
Andaikata seorang musuh yang mencela aku, *
masih dapat kuterima.
 
Andaikata seorang lawan yang menentang kau,*
aku masih dapat menyembunyikan diri.
 
Tetapi engkau, orang yang akrab dengan daku,*
sahabat dan orang kepercayaanku;
 
dengan dikau aku bergaul mesra,*
bersama engkau aku masuk bait Allah di tengah-tengah orang banyak.
 
Kemuliaan kepada Bapa dan Putera dan Roh Kudus.
seperti pada permulaan sekarang selalu dan sepanjang segala abad. Amin
 
Antifon II
Tuhan akan membebaskan kita dari tangan musuh.
 
Antifon III
Serahkanlah nasibmu kepada Tuhan,  maka Ia akan melindungi Engkau.
 
Aku tetap berseru kepada Allah, *
Tuhan akan menyelamatkan daku.
 
Waktu malam, pagi dan siang aku menangis dengan cemas, *
dan Tuhan mendengarkan jeritanku.
 
Ia menyelamatkan daku dari serangan musuh, *
sebab banyaklah mereka yang melawan daku.
 
Allah mendengarkan doaku dan merendahkan mereka, *
Dialah hakim sejak sediakala,
 
Sebab mereka tak dapat diperbaiki *
dan tidak mau takut akan Allah.
 
Orang itu mengepalkan tangannya melawan sahabat *
dan melanggar perjanjiannya.
 
Mulutnya licin melebihi mentega, *
tetapi hatinya merancangkan perang.
 
Kata-katanya lembut melebihi minyak,*
tetapi sebenarnya bagaikan pedang terhunus.
 
Serahkanlah nasibmu  kepada Tuhan, maka Ia melindungi engkau,*
orang benar tidak dibiarkanNya goyah.
 
Tetapi orang-orang jahat *
Kaujerumuskan ke alam maut, ya Allah.
 
Para penumpah darah dan penipu †
takkan mencapai setengah umur hidupnya,*
tetapi aku ini percaya kepadaMu, ya Tuhan.
 
Kemuliaaan  kepada Bapa dan Putera dan Roh Kudus.
seperti pada permulaan sekarang selalu dan sepanjang segala abad. Amin
 
Antifon III
Serahkanlah nasibmu kepada Tuhan,  maka Ia akan melindungi Engkau.
 
BACAAN
 
Bar 1:14-2:5; 3:1-8
 
1:14 Hendaknya membacakan  kitab yang kami kirim ini, untuk diumumkan di dalam Rumah Tuhan pada hari raya dan pada hari-hari perhimpunan.
 
1:15aKatakanlah sebagai berikut:
 
1:15b Keadilan ada pada Tuhan, Allah kita, sedangkan malu muka pada kami, sebagaimana halnya hari ini, yaitu: pada orang-orang Yehuda dan penduduk Yerusalem
 
1:16 pada sekalian raja kami, para pemimpin, para imam dan nabi serta nenek moyang kami.
 
1:17 Memang kami telah berdosa kepada Tuhan.
 
1:18 Kami tidak taat kepadaNya dan tidak mendengarkan suara Tuhan, Allah kami, untuk mengikuti segala ketetapan Tuhan yang telah ditaruhNya di hadapan kami.
 
1:19 Semenjak hari Tuhan membawa nenek moyang kami keluar dari negeri Mesir hingga dengan hari ini kami tidak taat kepada Tuhan, Allah kami. Sebaliknya Tuhan telah kami alpakan karena tidak mendengarkan suaraNya.
 
1:20 Dari sebab itu maka melekatlah kepada kami semua bencana dan laknat yang telah diperintahkan Tuhan kepada Musa, hambaNya, waktu nenek moyang kami dibawaNya keluar dari negeri Mesir untuk dianugerahkanNya kepada kami suatu tanah yang berlimpah susu dan madunya, sebagaimana halnya hari ini.
 
1:21 Teapi kami tidak mendengarkan suara Tuhan, Allah kami, sesuai dengan firman para nabi yang telah Tuhan utus kepada kami.
 
1:22 Bahkan kami telah pergi berbakti kepada allah lain, masing-masig menurut angan-angan hati jahatnya, dan kami melakukan apa yang durjana dalam pandangan Tuhan, Allah kami.
 
2:1 dari sebab itu maka Tuhan memenuhi firman yang telah difirmankanNya melawan kami dan melawan para hakim kami yang telah menghakimi Israel, dan melawan segala raja dan pemimpin kami serta melawan semua orang Israel dan Yehuda.
 
2:2 Dibawah kolong langit belum pernah terjadi seperti yang terjadi di Yerusalem sesuai dengan apa yang tertulis dalam Taurat Musa:
 
2:3 kami masing-masing sampai makan daging anak-anak kami sendiri.
 
2:4 Tuhan telah membuat mereka semua menjadi takluk kepada segala kerajaan di sekeliling kami, sehingga menjadi ternista dan lengang di antara sekalian bangsa sekeliling, dimana mereka telah dicerai-beraikan oleh Tuhan.
 
2:5 Mereka menjadi bawahan dan bukan atasan, oleh  karena kami telah berdosa kepada Tuhan, Allah kami, dengan tidak mendengarkan suaraNya.
 
3:1 Ya Tuhan yang Mahakuasa, Allah Israel, dengan jiwa yang kesesakan dan roh telantar aku menjerit kepadamu.
 
3:2Dengarkanlah, ya Tuhan, dan kasihanilah. Memang kami telah berdosa kepadaMu.
 
3:3 Engkau bertahta kekal, sedangkan kami jatuh binasa terus menerus.
 
3:4 Tuhan yang mahakuasa, Allah Israel, dengarkanlah doa dari orang yang nyaris mati di Israel dan doa dari anak-anak orang yang telah berdosa kepadaMu dan tidak mendengarkan suara Tuhan, Allah mereka. Oleh karena itulah maka bencana-bencana melekat pada diri kami.
 
3:5 Janganlah ingat pada kefasikan nenek moyang kami, tetapi sudilah kiranya pada saat ini juga ingat kepada tanganMu dan namaMu sendiri.
 
3:6 Oleh karena Engkaulah Tuhan, Allah kami, maka kami hendak memuji Engkau, ya Tuhan.
 
3:7 Sebab ketakutan kepadaMu telah Kautaruh di dalam hati kami, supaya namaMu kami serukan. Kamipun kan memuji Engkau didalam pembuangan kami, oleh karena kami telah menjauhkan dari hati kami segala kefasikan nenek moyang  kami yang telah berdosa kepadaMu.
 
3:8 Lihatlah sekarang kami ini di dalam pembuangan kami, dimana kami telah Kaucerai-beraikan menjadi orang ternista, terlaknat dan terhukum, setimpal dengan segenap kefasikan nenek moyang kami yang telah berpaling dari Tuhan, Allah kami.
 
BACAAN II: Pilih Bacaan Rohani
 
 
DOA PENUTUP
Allah yang mahakuasa,kerahimanMu berlimpah jauh melampaui pahala dan doa umat yang bermohon kepadaMu. Limpahkanlah belaskasihanMu kepada kami, ampunilah dosa kami yang menggelisahkan hati dan kurniakanlah anugerahMu yang melebihi harapan kami. Demi Yeus Kristus, PuteraMu dan pengantara kami, yang hidup dan berkuasa bersama Engkau dalam persekutuan Roh Kudus, sepanjang segala masa. Amin
 
P: Marilah memuji Tuhan
U: Syukur kepada Allah

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.